"Go Green.. Fallin in Love With Your Climate..:)

Daftar Isi

GEO INFO

Senin, 10 Maret 2014

HEWAN – HEWAN RAKSASA DARI MASA PRASEJARAH

            Para palaentolog (ahli fosil) memperkirakan, Dinosaurus punah sekitar 65 juta tahun yang lalu! Pada satu kurun waktu yang dikenal dengan periode kapur. Kejadian apa sih yang menimpa Bumi kita 65 juta tahun yang lalu, hingga bisa menyebabkan punahnya Dinosaurus?! Banyak teori yang pernah dikemukakan untuk menjawab pertanyaan klasik itu! Salah satu teori yang dianggap paling masuk akal adalah akibat hantaman sebuah meteor raksasa yang menghantam bumi. Hantaman yang diperkirakan melampaui kedahsyatan bom nuklir itu, telah mengakibatkan perubahan iklim serta lingkungan di muka Bumi secara drastis. Perubahan yang terjadi secara tiba-tiba itulah yang te;ah membunuh hamper semua spesies Dinosaurus yang hidup saat itu.

Dinosaurus




            Nah, walaupun hantaman meteor raksasa itu telah memusnahkan sebagian besar Dinosaurus, namun masih menyisakan hewan-hewan mamalia yang juga hidup pada saat itu! Hewan- hewan mamalia itu dapat bertahan karena saat malapetaka terjadi mereka berada dalam masa hibernasi. Abad demi abad berlalu, hewan-hewan mamalia itupun kemudian berkembang dan berevolusi menjadi beragam spesies. Nah, spesies mamalia baru itulah yang kemudian mengisi Bumi dengan jenis-jenis yang baru… yaitu kelompok hewan yang oleh ahli zoology disebut sebagai hewan-hewan raksasa atau mega beast.
            Dari peninggalan yang pernah ditemukan, hingga saat ini memang baru beberapa jenis saja yang bisa diketahui dari hewan-hewan raksasa itu. Di antaranya adalah :

  1. 1.       Harimau Gigi Pedang (Saber-Toothed Tiger)

            Harimau gigi pedang diperkirakan telah hidup di dunia ini sejak sekitar 33,7 juta tahun yang lalu. Bentuk tubuhnya mirip dengan jenis harimau modern yang hidup pada masa sekarang. Namun ada ciri khusus yang menjadikannya sangat khas dan sekaligus membedakannya dengan harimau modern yaitu gigi taringnya yang sangat panjang hingga menjulur keluar dari mulutnya. Dan karena bentuk taringnya yang melengkung menyerupai pedang, membuat pemiliknya dinamai Harimau gigi pedang. Fosil hewan ini banyak ditemukan di sekitar benua Amerika Utara sehngga para ahli memperkirakan bahwa Amerika Utara dulunya merupakan habitat asli sang harimau. Nah, sekitar 9000 tahun yang lalu, hewan-hewan punah secara tiba-tiba tanpa sebab yang pasti.

Harimau Gigi Pedang

  1. 2.       Singa berkantung (Marsupial Lion)

            Meskipun mungkin terdengar janggal, faktanya hewan-hewan ini pernah ada. Dan sebagaimana hewan berkantung lainnya yang kita kenal misalnya Kangguru, singa berkantung juga berhabitat di benua Australia. Diperkirakan hewan ini sudah menjadi penghuni Bumi sejak 1.6 juta tahun yang lalu dan mengalami kepunahan sekitar 5000 tahun yang lalu. Tak banyak yang diketahui mengenai hewan ini karena fosilnya sangat jarang ditemukan. Namun, adanya kantung di bagian perutnya melahirkan dugaan bahwa hewan ini membawa anak-anaknya di dalam kantung itu seperti halnya kangguru.

Singa Berkantung


  1. 3.       Berang-Berang Raksasa (Giant Beaver)

            Saat ini kita menemukan berang-berang di sungai-sungai atau rawa-rawa yang merupakan habitat asli mereka. Tetapi berang-berang yang masih kita bisa jumpai saat ini memiliki ukuran yang jauh berbeda dengan nenek moyangnya dulu. Berang-berang raksasa dari mas lalu sangat besar dengan bobot yang bisa mencapai 60 hingga 100 kg. panjang tubuh mereka bisa mencapai 2,5 meter atau lebih. Diperkirakan berang-berang raksasa sudah hidup di Bumi sejak 1,8 tahun yang lalu dan punah secara serentak sekitar 11 ribu tahun yang lalu.

Berang - Berang Raksasa

  1. 4.       Mammoth (Wolly Mammoth)

            Mammoth adalh hewan raksasa mirip gajah tetapi memiliki gading yang luar biasa besar. Selain itu sekujur tubuh Mammoth tertutup oleh rambut yang tebal. Itulah yang membedakannya dengan gajah. Fosil hewan ini banyak ditemukan di benua Asia, Eropa, dan Amerika bagian utara. Diperkirakan muncul di Bumi sekitar 4.8 juta tahun yang lalu dan punah sekitar 4800 ribu tahun yang lalu. Para ilmuwan memprediksi bahwa Mammoth adalah binatang yang hidup secara berkelompok sama seperti gajah sekarang.

Mammoth


  1. 5.       Kukang darat Raksasa Amerika (Giant Griund Sloth)

            Beberapa jenis kukang darat masih bisa kita jumpai hingga saat ini. Mereka termasuk jenis hewan primate yang bergerak sangat lambat. Habitat asli Kukang Darat Raksasa Amerika adalah Amerika bagian utara. Makanan utamanya tumbuh-tumbuhan. Diperkirakan hewan primate ini muncul sekitar 2 juta tahun yang lalu dan punah sekitar 8000 tahun silam.

Kukang Darat Raksasa

  1. 6.       Kukang Raksasa  Afrika (Giant Lemur)

            Hewan yang satu ini sangat mirip dengan kerabatnya yang hidup di Amerika, bedanya Kukang raksasa afrika hidupnya dari satu dahan ke dahan pohon lain. Habitat asli binatang ini sebenarnya adalah hutan di Madagaskar, Afrika. Binatang ini diperkirakan punah saat kedatangan manusia ke Pulau Madagaskar sekitar 500 tahun yang lalu. Tak banyak diketahui mengenai binatang ini.

Kukang Raksasa Afrika


  1. 7.       Burung Moa

            Burung Moa termasuk jenis burung besar yang tak dapat terbang. Jika digambarkan bentuknya sangat mirip dengan burung unta. Bertubuh besar, tinggi, tak bersayap, dan berbulu lebat. Burung moa sangat berat, diperkirakan berat tubuhnya dapat mencapai 250 kg. dari sisa-sisa tulang belulang yang telah ditemukan, diduga spesies ini hidup di kepulauan selandia baru. Mereka juga mengalami kepunahan serentak sekitar 1500 tahun silam.

Burung Moa