"Go Green.. Fallin in Love With Your Climate..:)

Daftar Isi

MELIHAT DENYUT BUMI DI LUBANG TERDALAM KSB

Kamis, 17 April 2014



Bulan September 1990 sekelompok ilmuwan menempatkan kepala bor dan terus membor kedalam bumi. Mereka mencari data dari galian lubang terdalam dan mencari seperti apa bentuk batuan pada ratusan juta tahun lalu. Program penelitian ini berakhir pada tahun 1994.

Pengeboran diperkirakan dapat mencapai 15.000 meter (15KM) kebawah tanah pada tahun 1993. Tetapi dihentikan setelah di kedalaman 12 ribu meter dibawah tanah. Suhu di kedalaman tersebut ditemukan susah mencapai 180 deg.C. Bila diteruskan sampai target yang ditemukan yaitu 15.000 meter, suhu akan mencapai 300 deg.C. Dengan kondisi panas dari lubang pengeboran maka mata bor tidak mampu bertahan bekerja.

Tempat penelitian dari pengeboran lubang terdalam tersebut ada di Kola Superdeep Borehole, menjadi tempat pengeboran terdalam di dunia selama 20 tahun.

Pengeboran lain dipecahkan oleh ERD yang melakukan pengeboran di Tranocean untuk Maersk Oil di Quatar dengan kedalaman 12 ribu meter. Pengeboran terdalam lainnya pada tahun 2011 oleh Exxon Neftegas. Melakukan pengeboran di pulai Sakhalin Rusia. Mampu mencapai 12,345 meter tapi tidak secara vertikal. Hanya pengeboran dari tim KSB iniah yang paling dalam, karena lurus vertikal kebawah.

Rekor pengeboran secara vertikal tetap dipegang oleh tempat penelitian Kola Superdeep Borehole sampai 5 Januari 2014. Lalu apa yang didapat dari penelitian KSB ini. Mereka merekam suara dari tempat terdalam yaitu suara inti bumi. Setidaknya mendekati suara lebih dekat ke titik intinya bumi

Tempat KSB sudah menjadi puing, dan bekas lubang pengeboran terdalam sudah ditutup (kanan atas)

Sumber : http://obengplus.com/articles/3457/1/Melihat-denyut-bumi-di-lubang-terdalam-KSB.html#.U1CsWtJDu3w